Keunggulan Impor Barang Menggunakan Kapal Kargo

kapal kargo

Dalam bisnis impor barang dari China ke Indonesia, dikenal dua cara pengiriman barang yang selalu dilakukan oleh semua importir. Pertama adalah pengiriman lewat laut menggunakan kapal cargo dan kedua adalah lewat udara menggunakan pesawat. Dari kedua cara ini, baik kapal cargo dan pesawat memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Namun, karena banyak hal, umumnya importir lebih sering menggunakan pengiriman kapal cargo sebagai pilihan mereka. Salah satu pertimbangan utama yang sering ditemukan adalah karena masalah biaya. Di mana salah satu keunggulan dari pengiriman lewat laut adalah dari segi biaya yang lebih murah.

Hal ini tentu akan memudahkan para importir untuk mencari keuntungan yang lebih baik dibandingkan mengirim barang lewat udara. Selain masalah biaya, adakah keunggulan lain yang bisa didapatkan para importir jika menggunakan jasa impor menggunakan kapal cargo? Jelas ada. Berikut ini diantaranya:

Keunggulan Impor menggunakan kapal cargo

Kapal Cargo Import

1. Kapasitas Barang Kiriman Lebih Besar

Selain masalah biaya, salah satu keunggulan dari jasa impor barang dari China ke Indonesia lewat jalur laut adalah dari segi kapasitas. Di mana Anda akan lebih bebas mengirim barang, baik itu dalam jumlah kecil (Less Container Load) ataupun besar (Full Container Load).

Tidak hanya fleksibel dari segi ukuran, tapi pengiriman laut juga lebih fleksibel dalam ukuran bobot kirim. Dengan begitu, para importir akan lebih bebas menentukan jenis barang yang bisa dikirim oleh mereka ke tujuan. Sebagai contoh, kargo laut bisa mengirim barang berat seperti mesin dengan mudah dibandingkan lewat pesawat.

2. Bisa Kirim Berbagai Jenis Barang

Dibandingkan pengiriman menggunakan pesawat atau lewat jalur udara. Jenis barang yang bisa dikirim lewat laut juga sangat fleksibel. Sebagai contoh, jasa cargo laut bisa melayani beberapa pengiriman barang elektronik dengan ukuran besar dengan kondisi baterai yang sedang aktif.

Selain itu, jasa impor jalur laut juga menerima pengiriman barang berupa cairan kimia berbagaya dan mudah terbakar seperti parfum atau produk kimia lain. Dibandingkan pengiriman lewat udara, jelas Anda akan kesulitan jika ingin mengirim barang yang seperti disebutkan di atas.

3. Pengiriman Bisa Sampai Ke Pelosok

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Rasanya sangat wajar kalua di negara kita transportasi laut sangat penting keberadaannya. Baik itu untuk kebutuhan lalu lintas kendaraan antar pulau, ataupun pengiriman cargo dari satu daerah ke daerah lain.

Inilah kenapa pengiriman cargo laut selalu menjadi pilihan utama bagi para importir. Di samping kapasitas yang besar, di Indonesia sekarang sudah dibangun banyak pelabuhan hingga ke pelosok yang akan menunjang kebutuhan ini.

Kekurangan Impor Lewat Laut

Pengiriman dengan Kapal Kargo

Walaupun punya banyak keunggulan dan jadi pilihan banyak importir untuk mengirim barang dari China ke Indonesia. Menggunakan jasa impor via laut juga memiliki kekurangan yang harus diwaspadai. Kekurangan itu terkait dengan durasi pengiriman dari negara asal ke Indonesia.

Biasanya, perusahaan cargo menjanjikan waktu pengiriman selama 3 minggu untuk waktu pengiriman lewat laut. Itu pun jika jalur laut tidak terkendala suatu hal seperti badai yang sering terjadi di lautan. Jika sudah begitu, biasanya kapal cargo akan terhambat perjalanannya dan ini berefek pada waktu pengiriman yang kadang bisa telat.

Ada baiknya, jika ingin impor barang menggunakan jalur laut, barang yang ingin didatangkan sifatnya tidak diburu-buru. Anda juga perlu memperhitungkan selisih waktu yang tepat antara waktu pemesanan barang dan stok jualan agar bisnis bisa terus berjalan tanpa hambatan.

Pilih Jasa Impor Terbaik

Ada banyak perusahaan impor yang memberikan layanan cargo laut di Indonesia. Sekarang Anda tinggal memilih mana yang paling bisa dipercaya dan mampu memberikan layanan terbaik. Selain itu, perhitungkan juga mengenai hambatan yang mungkin muncul jika suatu saat terjadi masalah akibat pengiriman yang lama atau telat karena ada masalah di perjalanan kapal cargo.

Wilopo Cargo siap menjadi partner terbaik bagi semua mitra yang ingin impor barang dari China ke Indonesia. Untuk pengiriman laut memakan kapal cargo, tersedia pengiriman secara FCL dan LCL, Anda tinggal memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Masih bingung?
Kami jawab sampai paham.

Email Berhasil Dikirim

Terima kasih telah mengirimkan email, email anda telah kami terima. Tim kami akan menghubungi Anda sesegera mungkin.