loading

Ingin Ekspansi Bisnis? Berikut Ini Strateginya

Tim Redaksi Wilopo Cargo 2022-02-17 4:25 pm


Sebagai manusia, wajar rasanya jika kita selalu ingin lebih dan tidak pernah puas. Tidak terkecuali bagi para pebisnis. Ketika bisnis nya sudah berjalan baik, umumnya mereka ingin melebarkan usahanya supaya jadi lebih besar atau dengan kata lain melakukan ekspansi bisnis.

Ekspansi bisnis sendiri pengertiannya adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk memperbesar bisnis dengan menciptakan pasar baru, memperbaiki fasilitas, menambah sumber daya manusia dan lainnya. Dari pengertiannya saja, sudah jelas kalau ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan ekspansi bisnis.

Meskipun begitu, melakukan ekspansi bisnis sendiri tidaklah mudah. Butuh pengetahuan dan kemampuan manajemen yang baik agar aktivitas ini bisa berjalan dengan baik. Mengingat skala usaha yang harus diurus tentu akan lebih besar dibanding sebelumnya.

Lalu, adakah cara-cara efektif untuk melakukan ekspansi bisnis ini? Berikut ini adalah strategi efektifnya:

Strategi Ekspansi Bisnis yang Efektif

1. Rencanakan Ekspansi Bisnis Secara Matang

Ketika merencanakan untuk melakukan ekspansi bisnis, Anda mesti melakukan perencanaan secara matang. Tujuannya adalah agar proses pelaksanaannya bisa berjalan secara terstruktur. Sebuah bisnis yang bisa berjalan dengan baik pasti memiliki proses kerja yang baik, dan proses kerja yang baik membutuhkan perencanaan yang baik pula.

Dengan perencanaan yang baik, Anda akan memiliki sebuah kontrol yang kuat terhadap bisnis Anda sendiri. Terutama ketika bisnis sedang mengalami masalah, maka Anda bisa segera melakukan perbaikan karena Anda sudah lebih siap ketika menemukan hal seperti ini.

2. Perluas Cakupan produk Secara Tepat

Dalam melakukan ekspansi bisnis, biasanya salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan menambah lini produk atau layanan baru yang bisa digunakan oleh pelanggan. Hal ini sangat lumrah dilakukan oleh pebisnis yang ingin melakukan ekspansi.

Dengan menambah lini produk, Anda akan memberikan penyegaran yang baik bagi bisnis yang sudah dijalankan selama ini. Sayangnya, untuk melakukan ini tidaklah mudah. Anda mesti menemukan produk yang tepat untuk bisa ditonjolkan. Jika sampai salah, tentu ekspansi bisnis menjadi percuma.

Agar hal seperti itu tidak terjadi, tentu lagi-lagi adalah perencanaan yang matang adalah solusinya. Anda bisa melakukan riset mendalam terhadap produk atau jasa baru yang ingin dijual. Riset sendiri bisa mencakup terhadap kualitas produk, strategi penjualan, sasaran pasar, dan sebagainya.

3. Rekrut Orang yang Tepat

Jika merasa tidak mampu menjalankan bisnis baru sendiri, maka merekrut orang untuk membantu Anda adalah solusinya. Namun, merekrut orang yang tepat dan cocok untuk bidang bisnis yang Anda jalani tidaklah mudah. Usahakan untuk merekrut karyawan yang punya pengalaman dan terkait dengan bisnis yang dijalani.

4. Hati-Hati Jika Ingin Buka Cabang

Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis kuliner atau bisnis lainnya yang mengharuskan untuk membuka cabang. Ada baiknya untuk berhati-hati ketika memutuskan untuk melakukan hal ini. Mengingat biaya untuk membuka cabang baru tidaklah kecil. Jangan sampai uang habis karena gagal menjalankan bisnis di cabang baru.

Ada baiknya, jika ingin membuka cabang baru, bukalah di daerah yang tidak terlalu dekat dengan cabang utama. Dengan jarak yang tidak dekat, kemungkinan adanya persaingan antar cabang akan diminimalisir. Selain itu, antar cabang juga bisa saling memiliki pasarnya masing-masing, tidak saling berebut.

5. Aplikasikan Strategi yang Lebih Modern

Sekarang adalah era digital, hampir semua bisnis sekarang memanfaatkan layanan penjualan online, tidak hanya memakai toko fisik. Bisnis yang memanfaatkan penjualan online akan punya keunggulan dalam proses pemasaran yang lebih sederhana. Cukup memakai internet, bisnis Anda sudah bisa ikut persaingan untuk mendapat jutaan konsumen yang ada di toko online.

Di samping toko online, Anda juga bisa memanfaatkan layanan promosi online yang banyak bertebaran di internet. Salah satu yang bisa dimanfaatkan adalah Google Ads, Facebook Ads, dan sebagainya.

6. Lakukan Kemitraan

Terkadang, kita tidak bisa melakukan ekspansi sendiri untuk memasuki pasar yang baru. Di mana, kita harus menggandeng pihak lain untuk membantu melakukannya. Bahkan, ada perusahaan yang menggandeng pesaingnya agar bisa berkolaborasi menciptakan pasar baru demi kemajuan bisnis masing-masing.

Selain perkembangan bisnis, keuntungan lain yang bisa didapat pondasi bisnis semakin kuat karena bisa berkawan dengan pihak. Walau begitu, Anda harus berhati-hati dalam melakukan ini. Cari pihak yang mau bekerjasama saling menguntungkan. Jangan sampai kerjasama ini hanya menguntungkan satu belah pihak, sementara yang lainnya tidak merasakan efek atau bahkan rugi.

7. Jalankan Akuisisi

Satu strategi lain yang bisa dilakukan untuk ekspansi bisnis adalah dengan mengakuisisi perusahaan lain. Biasanya, perusahaan yang diakuisisi adalah perusahaan yang sedang dalam keadaan sulit. Selain akuisisi, cara lainnya adalah dengan merger, walau akuisisi lebih sering dilakukan.

Perbedaan antara akuisisi dan merger terletak pada cara pembelian perusahaan. Kalau akuisisi merupakan pembelian saham mayoritas perusahaan tanpa menyatukan dua perusahaan menjadi satu. Sementara merger adalah penggabungan dua perusahaan menjadi satu. Di mana perusahaan membeli akan memiliki semua aset dan liabilitas perusahaan yang di-merger.

Sudah siap melakukan ekspansi?

Umumnya, perusahaan yang melakukan ekspansi sudah memiliki pondasi yang kuat. Dengan penjualan yang stabil, jumlah konsumen yang besar, dan segala hal lain yang membuatnya berjalan baik dalam kurun waktu yang cukup panjang. Jika ingin melakukan ekspansi, usahakan untuk memperkuat bisnis utama dulu.

Setelah bisnis utama siap dan punya kemampuan baik secara finansial dan pasar, baru Anda bisa memikirkan mengenain ekspansi. Jangan sampai bisnis utama belum berjalan bagus, tapi sudah memikirkan bisnis lain.

Untuk Anda yang ingin ekspansi bisnis, Wilopo Cargo siap menjadi mitra impor barang dari China. Bisnis import sendiri sangat menarik dan punya potensi untung yang besar sehingga cocok dipilih oleh Anda yang ingin ekspansi. Jadi, apakah bisnis Anda siap ekspansi?